UMRI

Dua Tahun Transformasi Teknik Informatika

Assalamualaikum Wr.Wb

Juli 2020 adalah dua tahun saya telah menjadi ketua Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Riau. Alhamdulillah Allah SWT memberi kesempatan dan kekuatan untuk menjalani tugas mulia ini. Terima kasih kepada Pimpinan UMRI berbagai level dan Ketua-ketua Program Studi periode sebelumnya yang telah memberikan fondasi kuat untuk Teknik Informatika-UMRI terus berinovasi dan berkembang. Terimakasih seluruh civitas akademika Prodi Teknik Informatika yang tulus mengabdi dan berkerja keras untuk Prodi Teknik Informatika terus berprestasi.

Dua tahun memang terlalu singkat untuk memenuhi seluruh ekspektasi. Namun dua tahun juga terlalu lama kalau transformasi belum juga dieksekusi. Apapun juga dua tahun telah terjadi dan ijinkan saya sejenak melakukan refleksi dengan kelebihan dan kekurangan yang ada.

Kata pakar, tugas leader adalah knows the way, shows the way, dan goes the way. Di sinilah visi menjadi keniscayaan karena visi lah yang akan menuntun Prodi Teknik Informatika berlari. Adanya transisi era industri 4.0 dan serangan Pandemi Covid 19 benar-benar telah mendisrupsi kita, membuat sebagian besar kita terentak sejenak dengan kondisi baru ini. 

Namun Pilihan Prodi Teknik Informatika hanya satu: to disrupt or to be disrupted

Kita putuskanto disrupt. Kita harus menjadi trend setter perubahan. Keputusan harus diambil cepat, karena sekarang kecepatan adalah variabel sama pentingnya dengan kepintaran. Karena itu strategi dan program harus mencerminkan visi Prodi Teknik Informatika.

Pertama, Visi misi prodi telah kita terjemahkan dalam program kerja yang terukur dan jelas kaitan antar inisiatif program dalam peta kegiatan.

Kedua, kita lakukan Perubahan dan penyesuaian bahan dan media pembelajaran di mata kuliah untuk meningkatkan kualifikasi dan kualitas lulusan yang juga mengacu pada kebutuhan dunia kerja, baik lokal maupun nasional. Berbagai kebijakan yang bermuara pada kualitas mahasiswa di rumus dan diterapkan terutama kebijakan integrasi dan migrasi sistem perkuliahan daring.

Ketiga, telah kita lakukan untuk membangkitkan kembali organisasi mahasiswa dan kegiatan-kegiatan mahasiswa. Tidak hanya bersifat akademik, softskill tapi juga hobi dan seni. Kegiatan mahasiswa pada dua tahun belakang mengalami peningkatan yang signifikan dengan ditandainya dimenangkannya beberapa Even kompetisi ditingkat lokal dan Nasional. Studi Tour mahasiswa dengan destinasi, Jogjakarta, Bandung, Malang dan pulau dewata Bali menjadi bukti berwarnanya kegiatan mahasiswa. Event-even tahunan mahasiswa yang melibatkan peserta lokal dan regional pun dilakukan. Komunitas Belajar pun digalakkan sehingga selain memiliki Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, berbagai kelompok belajar, Seperti: Robotika, programmer, desain grafis, Kelompok-kelompok minat bakat, Seperti Musik/Akustik mahasiswa, paduan suara, olahraga, video grafi dan tari) hadir sebagai sarana kreativitas mahasiswa.

Keempat, kita lakukan peningkatan kualitas dan kompetensi Dosen ditandai 70% dosen Prodi teknik informatika kini sedang melanjutkan studi ke level doktoral. Girah penelitian dan publikasi bagi seluruh dosen terus dipacu, sehingga dalam dua tahun ini hampir seluruh dosen informatika telah berhasil lolos berbagai hibah penelitian dari sumber pendanaan Pemerintah dan/atau swasta.

Kelima, kegiatan pengabdian yang rutin dilakukan oleh dosen dan mahasiswa serta lahirnya DESA BINAAN program studi sebagai “kampus kedua” untuk belajar, berkarya dan mengabdi bagi masyarakat.

Keenam, berbagai bentuk pelayanan mahasiswa berbasis daring/online juga sudah di terapkan. Salah satu contohnya adalah prosedur Adminstrasi dan pelaksanaan Kerja Peraktek serta Skripsi, baik dari Pendaftaran, Seminar/ujian/Sidang kelulusan, hingga penilaian. Kemudahan ini terus ditingkatkan agar mahasiswa mendapat pelayanan yang maksimal dalam menjalani proses pendidikan di Program Studi tekni Informatika.

Tentu kita bersyukur dengan capaian di atas dan beberapa lagi capaian yang masih progress, namun masih banyak PR yang harus kita tuntaskan. Insya Allah kita bisa lebih berprestasi. Kuncinya kita jaga terus integritas, kita dorong terus inovasi, dan kita tebarkan terus inspirasi. Namun yang lebih penting lagi adalah bahwa Prodi Teknik Informatika harus terus memberi manfaat untuk kemajuan bangsa, dunia, dan umat manusia sehingga memenuhi ekspektasi publik.

Sekali lagi terima kasih kepada seluruh kolega, pimpinan berbagai level, civitas akademika UMRI, segenap tendik dan tenaga penunjang serta mahasiswa. Semoga dukungan kerja keras Bapak/Ibu semua tergolong amal soleh yang diridhoi Allah SWT. Amin YRA. 

Mohon maaf sebesar-besarnya bila banyak ekspektasi masih belum sepenuhnya dapat terwujud dalam dua tahun ini. Insya Allah kami akan bekerja keras mewujudkannya di tahun-tahun berikutnya

Source : http://informatika.umri.ac.id/