Sejarah

10 Fakta Tentang Sejarah Nike Yang Tidak Kamu Ketahui

1. Nike awalnya bernama Blue Ribbon Sports dan didirikan pada tahun 1964 dan awalnya dioperasikan sebagai distributir untuk pembuat sepatu jepang Onitsuka Tiger (sekarang dikenal sebagai ASICS). Nike Inc resmi didirikan pada tahun 1971.

2. Perusahaan ini didirikan hanya dengan $ 1200 di bank. Pendirinya adalah Bill Bowerman, seorang pengajar dan pelatih di sekolah Tinggi Medford dan Phil Knight, seorang pelari jarak menengah dari Portland yang terdaftar di University of Oregon.

3. Pada awalnya Phil Knight ingin menamai perusahaannya dengan nama “Demension 6”. Nama Nike berasal dari nama dewi  kemenangan Yunani, pengucapannya adalah “ny-kee”. Nama Nike tersebut dicetuskan oleh pegawai pertama mereka yaitu Jeff Jhonson.

4. Sepatu Nike pertama dibuat didalam alat panggangan waflle. Ide ini pertama kali datang pada tahun 1971 saat istri Bowerman membuat waflle untuk sarapan pagi. Melihat bentuk waffle yang dibuat istrinya itu, muncul ide dari Bowerman untuk membuat pola beralur seperti waflle pada telapak kaki sepatu Nike yang dapat menambah cengkraman pada lintasan lari. Dan tentu saja untuk uji coba pertama kali yang menjadi korbannya adalah alat panggangan waflle istrinya.

Baca juga : http://shoesmagz.blogspot.co.id/search/label/converse
5. Logo ceklis atau dikenal dengan Nike “Swoosh” dirancang oleh mahasiswa Portland state University yang bernama Carolyn Davidson. Pada saat itu ia hanya dibayar $ 35, namun pada tahap selanjutnya Carolyn Davidson diberi saham yang sekarang bernilai lebih dari $ 640,000. 

6. Slogan “Just Do It” terinspirasi oleh pembunuh berantai Gary Gilmore yang mengatakan “Just Do It” (yang artinya lakukan saja) sebelum ia dieksekusi oleh regu tembak pada tahun 1977.

7. Terlepas dari kenyataan bahwa ia tidak bermain secara profesional sejak tahun 2003, Michael Jordan masih dilaporkan mendapat  $ 60,000,000 pertahun dalam royalti Nike setiap tahunnya, menurut Forbes. Hal ini membuat Michael Jordan sebagai atlet terlama dan terbesar  bayarannya yang dikontrak oleh Nike.

8. Atlet pertama yang menandatangani kontrak dengan Nike adalah petenis asal Rumania yang bernama Ilie Nastase atau yang lebih dikenal sebagai “The Bucharest Buffoon”. Ia merupakan petenis yang berbakat tetapi juga terkenal akan temperamen yang tidak menentu. Akibatnya ia sering dikenakan denda, suspensi dan diskualifikasi sepanjang karirnya.

9. Iklan komersial sepatu Nike Air Max untuk pertama kalinya muncul di TV Amerika pada tahun 1987, dan soundtrack pada iklan tersebut adalah lagu  “Revolution” milik The Beatles. Ini juga merupakan pertama kalinya lagu Beatles digunakan dalam sebuah iklan TV.

10. Toko Nike terbesar di dunia bukan terletak di kampung halamannya Amerika Serikat melainkan di London Inggris, tepatnya di Oxford St. Dengan Biaya £ 10,5m untuk membangun toko tiga tingkat dengan luas kira-kira 42,000 ft. Toko tersebut dibangun sekitaran alun-alun kota.